Bahan Pangan yang Menakjubkan

pangan yang menakjubkan katafarra.com
katafarra.com banner from canva

Setiap dari kita pastinya mendambakan tubuh yang sehat, kuat dan bugar. untuk mendapatkan hal tersebut banyak orang yang mencari berbagai cara untuk memperolehnya. Mulai dari terapi dengan mesin atau alat tertentu, makanan-makanan tertentu, sampai dengan penggunaan obat-obatan (bukan tidak boleh!! Itu semua merupakan ikhtiar, selama tidak melanggar hukum negara dan Agama, ya Sah- sah saja…)

Tetapi kita kadang lupa akan prinsip dasar sederhana yang saya tau setiap agama mengajarkannya, hal ini begitu banyak manfaatnya, Saya sendiri seringkali melewatkannya,  diingatkan atau lebih tepatnya tertampar oleh salah satu bab bagian dari buku yang pernah saya baca. Bukan buku tentang keagamaan, penulisnyapun saya gak tau menganut agama apa? Dibalik itu semua ada satu pelajaran yang sangat bermanfaat , yang kurang lebih seperti ini…

Baca juga: Intro Kami DISINI


Bersyukur atas makanan yang terhidang di depan kita sebelum kita makan adalah tradisi yang sudah dilakukan selama ribuan tahun dan diketahui telah dilakukan sejak zaman Mesir kuno. Di zaman serba cepat di abad dua puluh satu tahun ini, meluangkan waktu untuk berdoa atau bersyukur atas makanan yang terhidang seringkali terlupakan. Tetapi dengan menggunakan makanan atau minuman yang sederhana sebagai peluang ntuk bersyukur ternyata dapat membuat hidup lebih berkah, meningkatnya keajaiban dalam hidup kita.

Ketika kita ingat saat-saat dimana kita sedang benar-benar lapar, kita akan mengalami keadaan tidak bisa berpikir banyak, tubuh terasa lemah, mulai gemetar, pikiran menjadi bingung, dan lesu. Semua ini terjadi setelah kita tidak mengkonsumsi apapun untuk tubuh kita.

Kita membutuhkan makanan atau minuman untuk tetap hidup, berpikir dan merasa nyaman jadi banyak hal yang perlu disyukuri dari makanan.

Agar lebih mantap rasa syukur atas makanan yang kita miliki luangkan  sesaat waktu dan pikirkan tentang orang-orang  yang telah berkontribusi  agar tersedianya makanan bagi kita

Agar bisa makan buah, sayur segar petani harus menanam dan merawat buah, dan sayur dengan terus menyirami, melindunginya selama berhari-hari berbulan-bulan sampai tanaman itu siap panen. Lalu ada pemanen, pengemas, distributor, pengangkut yang membawanya ratusan kilometer siang dan malam sampai pada para pemasar yang semuanya bekerja bersama secara estafet dan harmonis siang dan malam agar buah dan sayur diterima oleh kita dalam keadaan baik dan masih segar, hal ini berlangsung selama sepanjang tahun.

Pikirkan tentang peternak daging, nelayan, pemeras susu, petani kopi dan teh, serata semua perusahaan yang pengemasan makanan yang bekerja tanpa lelah menghasilkan makanan yang kita makan, prouksi makanan dunia adalah orchestra yang menajubkan yang terjadi setiap hari, dan tak terbayangkan bagaimana semua itu dapat berjalan secara mulus jika kita ingat begitu banyak orang yang terlibat dalam pengelolaan, pemasokan makanan dan minuman dunia masuk ke toko-toko, restoran pasar swalayan, kafe, pesawat,sekolah, rumah sakit dan setiap rumah yang ada di bumi ini.

Makanan adalah karunia! Makanan adalah karunia alam, kita tidak bisa makan jika alam tidak memasok tanah, zat hara dan air untuk menumbuhkan makanan. Tanpa air,  tidak aka nada makanan, tumbuhan, hewan ataupun kehidupan manusia.

Baca Juga: Tetang Berita negatif (Intro Kami lanjutan.) DISINI

Kita menggunakan air untuk memasak makanan, menumbuhkan pangan, memelihara tanaman, kebutuhan mandi, membersihkan kendaraan, mendukung pembuatan rumah, bahan bakar, kebuuhan industry, pembuatan jalan, pembuatan busana, dan setiap komponen perangkat di planet ini, membuat plastic, kaca dan logam, membuat obat-obatan. Dan air membuat tubuh kita tetap hidup. Air, air, air…

“jika ada keajaiban di planet ini, pastilah ia mengandung air”  -Loren Eiseley (1907-1977)

Tanpa makanan dan air dimanakah kita kan berada? Kita bahkan tidak akan ada.

Percayalah, dengan berdoa pemusatan syukur pada makanan dan minuman mengubah struktur energy mereka dan memurnikannya sehingga segala sesuatu yang kita konsumsi berdampak indah pada kesejahteraan tubuh kita!!

Sebagai percobaan di waktu berikutnya ketika kita makan atau minum, sebelumnya luangkan waktu untuk berdoa dan bersyukur atas orchestra yang harmonis bagaimana makakan ini sampai di tangan kita, ketika kita menyuap satu suap, pusatkan perhatian pada rasa makanan dan minuman dalam mulut kita sebelum menelan nya, nikmati maka rasa makanan akan terasa lebih nikmat. Energi fokus pada syukurlah yang akan langsung merubah rasa.!!

“Hati yang bersyukur adalah hati yang terus berpesta”  -W.J Cameron

Reference from “The Magic”

Terimakasih..

2 thoughts on “Bahan Pangan yang Menakjubkan

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *